6 Langkah Anti Miskin Saat Wabah Corona


April 9, 2020

Hingga saat ini, Indonesia sedang berjibaku melawan wabah corona, yang telah menelan korban jiwa lebih dari 200 orang. Penyebarannya yang jauh lebih cepat dibanding pandemi SARS dan MERS beberapa tahun silam, membuat kepala negara mengambil keputusan untuk pengaktifan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Keputusan pengaktifan PSBB berimbas pada aktivitas kita yang semakin terbatas. Sekolah telah diliburkan, kantor-kantor ditutup, dan aktivitas dengan jumlah massa lebih dari lima orang sudah dilarang. Bekerja dari rumah menjadi pilihan wajib bagi pegawai kantoran, juga dilema bagi pekerja lepas atau buruh harian. Dengan kondisi yang serba sulit dan belum tentu ini, menjaga kondisi keuangan menjadi hal yang sangat perlu untuk dipelajari.

6 Langkah Anti Miskin Saat Wabah Corona

Coba simak tips penting di bawah ini, guna menjaga kesehatan finansialmu meski harus #DiRumahAja!

  1. Tentukan Skala Prioritas

Buka internet dan kamu akan menemukan promo belanja online yang menggiurkan! Ada yang memberikan diskon besar, beli dua gratis satu, free ongkir, atau flash sale. Bahkan banyak di antaranya yang secara khusus mempromosikan kegiatan tetap belanja meski saat isolasi diri. Alhasil, bukannya menghemat karena tidak perlu pergi ke kantor, justru keuangan jadi semakin membengkak.

Tenang saja, bukan berarti kamu dilarang sama sekali untuk belanja online. Skala prioritas penting, agar kamu bisa tetap menjaga keuangan dengan pilih-pilih membeli produk yang benar-benar kamu butuhkan saat ini. Barang pokok seperti beras dan frozen food perlu dibeli secukupnya, juga obat-obatan dana alat kebersihan.

Tentu komitmen dan kedisiplinan sangat penting di sini. Jadi, jangan sampai kalah dengan hawa nafsumu ya!

  1. Tetap Menabung

Jangan lupa untuk tetap menabung dengan minimal jumlah yang sama seperti sebelum PSBB. Senjata utama agar keuangan kita aman, sangat sederhana: tambah simpanan!

Baca Juga :  Tips Jitu Perawatan Wajah Pria untuk Tetap Sehat yang Wajib Diketahui

Masalahnya, saat isolasi seperti ini otak jadi lebih mudah bosan dan gampang tergiur dengan promo dan ajakan nongkrong teman. Selain kamu dilarang untuk bepergian dan kumpul-kumpul bareng di kafe, alangkah baiknya kalau uangnya ditabung saja.

  1. Atur Anggaran untuk Kebutuhan Darurat

Setelah melakukan menentukan list prioritas dan menambah jumlah tabungan, alangkah baiknya mengubah plot anggaran ke dalam kebutuhan darurat atau kebutuhan tak terduga. Pengeluaran yang sudah tidak bisa digunakan seperti tiket konser, anggaran bioskop, anggaran jalan dengan pacar bisa dialihkan ke anggaran darurat. Percayalah, langkah ini tidak akan pernah membuatmu rugi!

  1. Jangan Bodoh untuk ikut Panic Buying

Membeli barang-barang dengan jumlah besar guna ditimbun untuk keselamatan sendiri alias panic buying adalah tindakan yang sangat salah untuk saat ini. Panic buying akan mengacaukan kondisi pasar, dan berdampak pada kelangkaan barang. Begitu barang mulai langka, harga setiap barang akan mengalami lonjakan, yang berdampak juga pada keuangan kita. Jika kamu punya uang berlebih untuk membeli barang-barang itu, lebih baik simpan atau bagaikan barang tersebut untuk orang-orang terdekat.

  1. Investasi Sekarang

Pernahkah kamu memeriksa pasar modal atau reksa dana akhir-akhir ini? Ketahuilah, bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk berinvestasi. Jika kamu pemula, mulailah dengan investasi di reksa dana atau emas. Saat wabah seperti ini, nilai beli akan sangat rendah. Ditambah dengan mudahnya berinvestasi di reksa dana saat ini, pilihan ini akan sangat berguna jangka Panjang ketika keuangan dunia kembali stabil.

  1. Ambil Kesempatan Berbisnis dari Rumah

Bagi kamu yang mendapatkan cuti tidak dibayar atau pengurangan upah akibat kebijakan WFH, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi freelancer atau menjual barang-barang bekas. Atau jika kamu punya hobi memasak, bisa juga tuh buat diuangkan! Cukup ambil smartphonemu, lalu mulai pasarkan barang dagangan.

Baca Juga :  Jangan Gagal Paham, Ini Perbedaan Antiseptik dan Disinfektan

Itulah sedikit tips berharga yang dapat membuat kamu terhindar dari kebangkrutan karena PSBB kali ini. Untuk kelancaran keuangan di tengah wabah corona, simak tips penting lainnya di https://review.bukalapak.com/finance/tips-keuangan-hadapi-virus-corona-111354

Related