Ketahui Manfaat Tak Terduga Tumbuhan Paku Berikut Ini


April 29, 2020

Anda mungkin sering melihat tumbuhan paku di sekitar Anda, tapi apakah Anda mengetahui manfaat tumbuhan paku? Perlu diketahui ternyata tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan yang sudah ada sejak zaman purba lho! Bahkan spesies tumbuhan paku ini kurang lebih sepuluh ribu spesies, meskipun di Indonesia sendiri jenisnya diperkirakan hanya tiga ribu macam saja. Apa saja contoh tumbuhan paku yang sering kita temui di lingkungan sekitar? Yang paling umum kita temui misalnya pakis, ekor kuda, suplir dan tanduk rusa. Tumbuhan paku lainnya bisa dilihat di https://review.bukalapak.com/hobbies/mengenal-tumbuhan-paku-dan-manfaat-yang-tersembunyi-di-dalamnya-111324.

Mengapa tumbuhan paku dapat bertahan hidup meskipun telah ada sejak zaman purba? Hal ini karena tumbuhan paku memiliki beberapa karakteristik yang unik dan mampu beradaptasi dengan perubahan alam. Awalnya pada zaman purba dulu, tumbuhan paku ini berukuran besar, namu karena adanya revolusi dan seleksi alam, akhirnya ukuran tumbuhan paku menjadi lebih kecil seperti sekarang.

Tumbuhan paku dapat hidup di seluruh permukaan tanah kecuali di padang pasir dan daerah yang selalu tertutup oleh salju. Uniknya, tumbuhan ini berkembang biak dengan spora, tidak seperti tanaman berpembuluh kayu lainnya. Untuk dapat hidup, tumbuhan paku ini membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis karena tumbuhan paku merupakan organisme foto autotrof yang artinya mampu membuat makannya sendiri.

Meskipun ada spesies tumbuhan paku yang merugikan, tapi tumbuhan paku memiliki banyak manfaat juga lho! Berikut ulasan manfaat tumbuhan paku selengkapnya.

Ketahui Manfaat Tak Terduga Tumbuhan Paku Berikut Ini

Tumbuhan Paku 2

  1. Sebagai Tanaman Hias

Jika Anda melihat tumbuhan paku yang dijadikan hiasan di rumah, tidak usah heran karena tumbuhan paku memang sering digunakan sebagai tanaman hias. Hal ini karena tumbuhan paku dinilai memiliki nilai estetis. Mulai dari susunan akar, batang, dan daun terlihat estetis sehingga sangat cocok dijadikan tanaman hias. Beberapa jenis tumbuhan paku yang bagus dijadikan tanaman hias yaitu Alsophila glauca, Asplenium nidus, Adiantum cuneatum, dan Sellaginella wildenowi.

  1. Untuk Sayuran

Ternyata tumbuhan paku bisa dikonsumsi juga lho! Contoh tumbuhan paku yang bisa dikonsumsi sebagai sayuran yaitu Marsilea Crinata atau lebih umum dikenal sebagai semanggi air. Marsilea Crinata bisa digunakan sebagai masakan tumisan yang memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk kesehatan. Secara umum, tumbuhan paku memang memiliki kandungan gizi yang baik khususnya serat.

Baca Juga :  Aneka Resep Masakan Ikan yang Lezat dan Sehat

Tumbuhan paku 3

  1. Pupuk Hijau

Manfaat tumbuhan paku selanjutnya yaitu menjadi pupuk hijau. Mengapa bisa menjadi pupuk hijau? Hal ini karena tumbuhan paku bisa mengikat Nitrogen yang ada di udara. Nitrogen inilah yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Contoh tumbuhan paku yang bisa dijadikan pupuk hijau yaitu Salvinia natans dan Azolla pinnata. Kedua jenis tumbuhan paku ini mengandung nitrogen tinggi sehingga bisa menjadi pilihan pupuk hijau bagi petani.

  1. Pengobatan Herbal

Ternyata tumbuhan paku bisa bermanfaat sebagai obat herbal yang mampu mengobati beberapa penyakit. Contoh tumbuhan paku yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan misalnya Lycopodium clavatum atau yang bisa disebut dengan paku kawat. Tumbuhan ini biasa dipakai untuk bahan pembuatan pil. Tumbuhan paku lainnya yang bisa digunakan untuk pengobatan yaitu Alsophila glauca atau pakis haji. Tumbuhan ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut dan diare. Selain itu, ada juga Dryyopteris filix mas yang biasa digunakan untuk obat cacing.

  1. Bahan Bangunan dan Rumah Tangga

Manfaat tumbuhan paku yang tidak terduga yaitu menjadi bahan bangunan dan rumah tangga.  Contohnya yaitu Alsophila glauca atau pakis haji yang ternyata bukan hanya bermanfaat untuk pengobatan saja, namun bisa digunakan untuk bahan atap. Bagian pucuknya bisa digunakan untuk makanan dan obat herbal, bagian daunnya bisa dipakai untuk bahan atap rumah tradisional. Bahkan ternyata serat dari pakis haji bisa digunakan sebagai pengganti kapas untuk mengisi kasur dan bantal. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman pakis haji ini memiliki harga yang cukup mahal di Jerman.

Tumbuhan paku 4

  1. Alat Pembersih

Jika biasanya Anda menggunakan lap pel untuk membersihkan lantai, kali ini Anda bisa mencoba Equisetum debile atau tanaman ekor kuda untuk membersihkan rumah. Hal ini karena tanaman ekor kuda memiliki serat halus dan tidak mudah patah sehingga cocok digunakan sebagai alat gosok atau sikat pembersih.

  1. Sumber Energi Fosil

Satu lagi manfaat tidak terduga dari tumbuhan paku yaitu sebagai sumber energi fosil. Tumbuhan paku memang sudah ada sejak zaman purba sehingga sudah ada tumbuhan paku yang terdekomposisi dan menjadi fosil. Tumbuhan fosil ini menyimpan energi yang terus terakumulasi dan akhirnya membentuk lapisan karbon pada tanah. Lapisan karbon tersebut dimanfaatkan manusia sebagai bahan bakar energi batu bara.

Baca Juga :  3 Resep Masakan khas Sunda, Ngeunah pisan euy!

 

Related