Begini Cara Mengubah JPEG ke PDF Secara Online maupun Offline


January 22, 2020

Kamu baru lulus dan sedang mencari pekerjaan? Atau kamu adalah orang yang sedang mengumpulkan berkas karena mau ikut seleksi CPNS? Apapun itu, kamu pasti adalah seseorang yang sangat sibuk untuk mengumpulkan berkas-berkas melamar kerja. Jika sekarang ini berkas harus dikumpulkan dalam jaringan, kamu harus membutuhkan softcopy dari berkas kamu. Jalan satu-satunya adalah scan file kamu. Hasil scan bisa diatur, tapi defaultnya biasanya berupa gambar, atau format JPEG. Jika yang perlu dikumpulkan adalah berkas PDF, berarti kamu perlu mengetahui cara mengubah JPEG ke PDF

Format JPEG dan PDF mungkin punya spesialisasi masing-masing. Format JPEG biasanya tidak mudah pecah ketika dizoom. Namun, format JPEG tidak praktis untuk dibaca dalam jumlah halaman yang banyak. Oleh karena itu, beberapa perusahaan atau instansi seringkali meminta dokumen berupa softcopy dalam format PDF. Tentunya kamu membutuhkan caranya bukan? 

Cara mengubah JPEG ke PDF dapat dilakukan dengan offline maupun online. Nah, dalam artikel ini, kami akan memaparkan kedua cara tersebut. Langsung saja, simak paparan berikut.

Cara mengubah file JPEG ke PDF secara online

cara mengubah file jpeg ke pdf

Mengubah JPEG ke PDF di saat ini mungkin cepat-cepat lambat. Kamu hanya perlu menggunakan web yang bisa kamu pilih ketika kamu menggunakan mesin pencari seperti Google. Baiklah, di bawah ini akan saya contohkan salah satu web, yaitu PDF2jpg.net

Jika kamu menggunakan PDF2jpg.net, kamu harus memerhatikan beberapa langkah berikut.

  1. Buka web tersebut.
  2. Pilihlah opsi yang tersedia, apakah mau PDF ke JPEG atau JPEG ke PDF.
  3. Pilih yang JPEG ke PDF.
  4. Kemudian, pada kotak di bawah, akan ada tanda “Choose your file”.
  5. Klik tombol tersebut.
  6. Pilihlah file yang akan kamu jadikan PDF.
  7. Tunggu beberapa saat.
  8. File akan tersedia, dan kamu akan diminta untuk mendownload file yang telah diconvert. Selesai.

Hal yang perlu diperhatikan kalau kamu menggunakan converter online adalah pencurian data. Kamu otomatis akan mengunggah file kamu. File kamu akan menjadi data mereka, dan mereka bisa saja menyalahgunakan file yang kamu miliki. Oleh karena itu, pastikan dahulu bahwa web yang kamu gunakan aman.

Cara mengubah file JPEG ke PDF secara offline

Cara offline mungkin bukan cara yang cukup praktis jika kamu tidak memiliki satupun aplikasi converter. Kamu harus membeli dan menginstal terlebih dahulu aplikasi converter tersebut. Memang, bisa saja kamu crack aplikasinya, namun kamu harus tahu cara-caranya, yang berarti kamu harus belajar terlebih dahulu. Untuk cara offline, kami akan mencontohkan convert dengan menggunakan aplikasi phantom PDF.

ubah file jpeg ke pdf

Aplikasi Phantom PDF adalah aplikasi yang cukup bagus dalam hal membaca maupun mengedit PDF, termasuk convert dan compile file ke PDF. Jika kamu sudah menginstal aplikasi Phantom PDF tersebut, kamu tidak perlu sulit-sulit melakukan beberapa step. Kamu hanya cukup block file yang akan diconvert, kemudian klik kanan, lalu “compile to PDF. Dari situ kamu akan mengisikan atau diberi opsi untuk menentukan urutan halaman filenya. Jika sudah, klik “OK”, maka file kamu akan tersedia dalam beberapa menit.  

Itulah tadi paparan mengenai cara mengubah file JPEG ke PDF. Untuk kamu yang sedang membutuhkan cara yang cepat, kamu bisa menggunakan cara online. Kamu tinggal gunakan web yang menyediakan convert PDF, dan bisa langsung mendapatkan filenya dalam hitungan detik. Akan tetapi, bahayanya adalah file kamu akan terunggah dan bisa saja dicuri. Karena itu, kamu harus mencari situs yang punya term and policy yang mengatakan tidak akan menyalahgunakan file yang diunggah.

Nah itulah cara mengubah dile JPEG ke PDF, untuk penjelasan lebih lanjut kamu bisa klik disini. Sementara itu, jika kamu mau bersabar untuk menginstall aplikasi offlinenya dahulu, kamu akan mendapatkan ketenangan karena keamanan data kamu. Namun, kamu mungkin harus merogoh kocek dahulu untuk mendapatkan versi premiumnya. Jadi, apapun pilihannya, tetap ada keuntungan dan kekurangannya. Gunakanlah secara bijaksana.

Baca Juga :  Ketahui 4 Harga Mesin Fotocopy berikut yang Rekomended untuk Anda

Related