Hidup Lebih Nyaman dengan Klaim BPJS untuk Hari Tuamu


March 14, 2020

Di dunia kerja, pemerintah berperan dalam memberikan perlindungan terhadap masalah sosial ekonomi pekerja melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dulu lebih dikenal dengan nama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Salah satu jaminan yang diberikan oleh BPJS adalah Jaminan Hari Tua (JHT). Klaim BPJS ketenagakerjaan JHT ini tidak terlalu susah. Pencairan klaim BPJS ketenagakerjaan JHT ini mulai dari 10%, 30% dan 100 %. Berikut prosedur pencairan JHT BPJS ketenagakerjaan :

Hidup Lebih Nyaman dengan Klaim BPJS untuk Hari Tuamu

klaim bpjs 1

  1. Datang ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan terdekat. Pastikan untuk datang lebih pagi agar tidak terlalu mengantre.
  2. Siapkan dokumen asli dan fotokopi yang dibutuhkan sesuai dengan syarat persen (%) pencairannya. Misalnya Anda ingin mengklaim 10% atau 30 % saldo JHT, maka dokumen yang harus dipersiapkan adalah :
  • Dokumen asli dan fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan .
  • Dokumen asli dan fotokopi KTP atau paspor.
  • Dokumen asli dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Surat keterangan aktif bekerja di perusahaan
  • Buku rekening tabungan, dan
  • Untuk pencairan 30%, Anda harus menambahkan dokumen perumahan.

Setiap penarikan saldo JHT juga harus sesuai dengan syarat penarikan misalnya untuk penarikan 10% dan 30%, Anda bisa menariknya jika telah menjadi peserta BPJS selama 10 tahun dan masih aktif bekerja. Sedangkan penarikan saldo 100% bisa dilakukan jika peserta BPJS telah berusia 56 tahun, mengalami cacat total, meninggal dunia, pindah keluarga negeri atau menetap selamanya dan peserta terkena PHK.

  1. Setelah dokumen siap, isi formulir pengajuan klaim JHT. Kemudian, serahkan formulir dan dokumen tersebut.
  2. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan nomor antrean.
  3. Kemudian Anda akan dipanggil oleh pihak CS untuk meninjau kembali kelengkapan dokumen dan pengisian formulir. Jika memang data atau dokumen ada yang kurang, maka petugas akan meminta Anda untuk melengkapinya. Selanjutnya, jika data sudah lengkap, maka Anda akan mendapatkan nomor antrean ke CS bagian pengajuan klaim.
  4. Selanjutnya, CS akan memanggil Anda dan memeriksa kembali kelengkapan dokumen sebagai syarat pencairan dana. Setelah itu, CS akan memberitahu Anda kapan waktu pencairan saldo JHT tersebut.

Prosedur di atas merupakan prosedur pencairan saldo JHT secara offline. Jika ingin lebih praktis, berikut cara klaim BPJS online:

klaim bpjs 2

  1. Sebelum melakukan pengajuan klaim, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU, situs resmi BPJS Ketenagakerjaan atau bisa langsung datang ke kantor BPJS.
  2. Kemudian untuk pengajuan klaim, Anda bisa membuka platform seperti aplikasi BPJSKU maupun melalui lama resmi BPJS yaitu sso.BPJSketenagakerjaan.go.id
  3. Kemudian, Anda bisa log in dan lanjutkan dengan memilih menu “Klaim Saldo JHT”.
  4. Setelah itu, lengkapi kolom informasinya dan pada bagian kolom KPJ isi dengan nomor BPJS ketenagakerjaan milik Anda. Selanjutnya, pada bagian kolom “keperluan” pilih “pengajuan klaim”
  5. Kemudian akan muncul 3 jenis klaim. Pilihlah sesuai dengan kondisi Anda saat ini yaitu mencapai usia pensiun, mengundurkan diri, ataupun Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
  6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengupload semua dokumen yang dibutuhkan. Kemudian Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui email dari BPJS Ketenagakerjaan. Isi email tesebut menyatakan bahwa Anda telah berhasil melakukan pengajuan klaim secara online. Email tersebut juga memberikan informasi terkait tanggal dan kantor cabang BPJS ketenagakerjaan mana yang harus Anda datangi guna melanjutnya proses klaim tersebut.
  7. Sesuai dengan tanggal dan tempatnya, serahkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dan pihak CS akan memeriksanya.
  8. Setelah selesai pengecekan, CS akan memberitahukan kepada Anda waktu untuk pencairan saldo JHT tersebut.

So, tidak perlu khawatir lagi ya mengenai hari tuamu, karena BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi Anda untuk mempersiapkan hari tua dengan nyaman.

 

 

 

 

Related